Dosa dan Bencana


Apa itu dosa dan bencana? adakah korelasi antara kedua kata tersebut? 

Dosa merupakan  Tindakan atau perbuatan yang melanggar nilai-nilai moral, etika dan agama. Dalam sebuah agama dosa sering sekali dianggap sebagai sesuatu kesalahan yang merugikan dan berdampak pada penyesalan dan mengundang hadirnya bencana serta dosa.

Sementara bencana atau musibah terjadi karena tangan-tangan manusia baik langsung maupun tidak langsung akibat dosa-dosa, khilaf hasil amal perbuatan. Bencana sesuatu hal yang tidak menyenangkan namun penyebab lain tibanya bencana adalah ujian, cobaan sejauh mana kadar keimanan. 

oleh karenanya jikalau kita mengaku sebagai orang yang beriman maka sesulit apapun cobaan yang datang berupa musibah yang tidak diharapkan akan selalu berusaha untuk sadar, sabar, berserah diri kepada Pemilik sejatinya karena taka da seorang yang bisa mengubah keadaan, memudahkan urusan selain Allah Sang Maha Kuasa atas segala sesuatu. 

Ingatlah Alllah begitu maha penebar rahmat cinta kasihnya tidak hanya kepada kita sebagai muslim juga lintas agama apapu itu ininah kebesaran Allah namun terkadan manusialah yang menerima setiap cobaan akan memiliki perbedaan penerimaan ada yang biasa saja, pesimis, shuudzan, lalai, namu ada pula yang lebih pasrah dalam berserah diri, taat dan patuh setiap kejadian bencana yang menimpamnya tiada lain adalah proses dalam memperbaiki hubungannya dengan Allah Swt. 

Allah Swt berfirman dalam Surat Al-Isra : 30

وَمَآ اَصَابَكُمْ مِّنْ مُّصِيْبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ اَيْدِيْكُمْوَيَعْفُوْا عَنْ كَثِيْرٍۗ

“Dan musibah apa pun yang menimpa kamu adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan banyak (dari kesalahan-kesalahanmu).”

Ketika manusia berserah diri atas segala dosa dan himpitan musibah bencana terjadi maka berserah diri dengan taqorub (mendekatkan diri) kepada Allah Swt semaksimal mungkin dengan kesadarannya dalam ketaatan ia akan berada pada suatu proses mulia yang sering kita dengar yaitu “TAUBAT”.  

Apa itu taubat?

Taubat adalah suatu proses dimana manusia merasakan penyesalan atas Tindakan yang dilakukannya berupa kesalahan dan dosa dan adanya ikhtiar untuk memperbaiki diri serta memohon ampunan dari Tuhan, Allah Swt.

Seorang yang merendah yang Kembali kepada haribaan Allah Swt, demikianlah seharusnya ketika manusia berbuat kesalahan dan dosa sehingga musibah terjadi, Bertaubatlah, kembalilah manusia dengan penuh kerendahan hati mengharap Allah Swt, Maka Allah akan gantikan dengan kemudahan, kelapangan agar manusia senantiasa bersyukur kepada Allah Swt. Tapi Kebanyakan manusia setelah mendapat nikmat mereka lupa menganggap itu biasa.

Dengan rahmat Allah musibah yang menimpa kita dosisnya diringankan agar kita bertaubat Kembali kepada Allah Swt tapi kebanyakan manusia tidak sadar dengan diberikan teguran dan peringatan menganggap itu hal yang biasa.

Jangan pernah lupa kepada Allah, jika kita lupa  Allah akan lupakan kita. Lantas kepada siapa kita harus berlari? Tidak ada yang kuasa yang bisa menolong kita selain Allah Swt.

Fitri Shofiyatun Nafidzah. Garut, 07102023

#muhasabahdiri #taubat #motivasi #hikmah #pencarihikmah #bencana #dosa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ILMU LALAT

Rezeki Langit

Motivasi Informatif