Manusia "Pencari Hikmah"

Day 1 -Manusia "Pencari Hikmah"-



Manusia merupakan salah satu makhluk Tuhan yang dapat mencapai derajat lebih baik daripada makhluk lain Ciptaan Allah...mengapa?

Karena manusia diciptakan memiliki akal  yang mampu membedakan yang benar dengan yang salah serta hati nurani untuk respect, berkasih sayang, saling tolong menolong dan memberikan manfaat kepada sesamanya maupun makhluk hidup lainnya.

Tapi sekalipun demikian manusia bisa saja menjadi pribadi yang bahkan lebih rendah daripada hewan sekalipun ketika akalnya tidak digunakan sesuai qodrat dan fitrahnya.

Lantas untuk apa manusia diciptakan? sebagai "Khalifah" pemimpin yang bermanfaat khususnya pemimpin bagi dirinya sendiri yang bisa mengendalikan dirinya dari segala cumburayu dan godaan duniawi, bisikan hawa nafsu maupun kelalaian yang bisa menyesatkan dirinya dari jalan yang benar sebagai insan natiq.

Oleh karenanya jadilah kita sebagai manusia yang bermanfaat yang dapat memberikan cahaya bagi kegelapan sekitar sekalipun hanya sebagai lilin kecil yang mampu menerangi pojok ruang kecil, begitu pun jangan pernah sekali-kali menjadi manusia yang tidak pernah mencari hikmah atas dirinya karena Allah menciptakan sesuatu termasuk manusia memiliki tujuan yang mulia tiada lain adalah untuk mengenal makrifat Allah subhanahu wa ta'ala sebagai pencipta sejati, sebagai manusia yang dapat mengenal dirinya sendiri mencintai dirinya sendiri karena tidaklah mungkin seseorang yang mencintai dirinya sendiri akan berani untuk menyakiti orang lain karena baginya hikmah sebagai manusia ketika dia menyakiti orang lain tentunya dia sedang membuat kezaliman terhadap dirinya sendiri ya memang benar sebuah sabda Rasulullah mengatakan bahwasanya seorang muslim itu ada yang hilang dalam dirinya apa itu? itulah "Hikmah" 

Dari sini Kita sebagai manusia yang diberikan akal sehat oleh Allah subhanahu wa ta'ala dengan segala potensi bakat dan minat tentulah harus mencari setiap hikmah yang terjadi baik dari segala ujian maupun cobaan yang ada dengan penuh rasa syukur kepada Allah subhanahu Wa ta'ala karena segala apapun yang terjadi cobaan apapun memiliki hikmah yang tersembunyi yang perlu kita cari tahu yang pada ujungnya kita akan sadar bahwasanya Allah subhanahu Wa ta'ala amat sangat selalu memberikan yang terbaik buat kita selalu mengetahui apa yang kita butuhkan.

oleh karenanya marilah kita selalu bersemangat dalam mencari hikmah dalam setiap perkara yang terjadi baik itu perkara manis maupun pahit Karena tidak semua rasa pahit yang kita terima dan kita rasakan berbuah dengan pahit pula karena terkadang segala sesuatu yang kita nikmati pahit getir yang begitu sulit akan kita nikmati buahnya yang manis begitupun sebaliknya terkadang sesuatu yang manis justru bisa akan memberikan rasa pahit bagi kehidupan.

Sebagai manusia ini berarti kita jangan jadi orang yang berprasangka buruk terhadap ketentuan Allah subhanahu Wa ta'ala sesuatu yang baik menurut kita belum tentu baik di mata Allah begitupun sebaliknya sesuatu yang buruk menurut kita boleh jadi itu hal yang baik di sisi Allah subhanahu Wa ta'ala.

so! semangatlah menjadi manusia pencari Hikmah.

- Fitri Shofiyatun Nafidzah -

di Pakenjeng Garut

Senin, 24 Juli 2023


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ILMU LALAT

Rezeki Langit

Motivasi Informatif