ILMU LALAT


Pernahkan menggunakan teori dari ilmu Lalat?

Lalat merupakan Makhluk Allah dari makhluk Allah berupa hewan kecil bagian dari komunitas serangga yang memiliki ciri bersayap kecil dan menyenangi makanan kotor, sampah, limbah, dan berbagai makanan terbuka serta pandai mengendus bau-bau yang menyengat dari setiap makanan baik itu makanan bau anyir, makanan hewani maupun makanan nabati lainnya ketika terbuka begitu saja tanpa penutup. Tak heran lalat menjadi fasilitator pembawa bakteri dan penyakit yang merugikan bagi tubuh.

Ilmu sendiri adalah sesuatu yang bersifat pengetahuan, sistematis dari metodi ilmiah yang diuji dibuktikan dengan berupa penjelasan.

Lantas Apa itu ilmu Lalat?

Menyimak teori diatas dapat disimpulkan bahwa ilmu Lalat itu seseorang/ kelompok yang memiliki  mengetahui dan menyenangi sesuatu yang buruk atau berkonotasi hal yang tidak wajar dari objek lain yaitu sesama manusia lainnya, Dengan kata lain jika hobi lalat itu menyenangi lingkungan kotor dan bau nah disini dapat di kiaskan bahwa manusia yang berilmu lalat ini gemar pula menyenangi keburukan baik sifat maupun wujud (bosy shaming) dari orang lain. Setiap kali melihat orang lain kacamatanya adalah buruk dan tak heran lingkungannyapun akan tercemar dengan komentar pedas dan yang mengerikannya semakin banyak mencari kesalahan dan kekurnagan orang lain semakinlah ia merasa tinggi dan lebih baik dari orang lain?! jika lalat penebar penyakit yang diakibatkan hinggapnya di sampah, limbah dan area kotor dan bau makan kita yang memiliki ilmu Lalat akan memiliki penyakit hati yang sulit diobati terkecuali dirinya sendiri yang sadar untuk mengobati penyakit hatinya.

Stop ah! katakan tidak untuk "berilmu lalat". ketika Allah menciptakan sesuatu tentu ada hikmah dibalik penciptaan Makhluknya.

Pelajaran  berharga yang dapat diambil hikmahnya dari Lalat:

1. Berani keluar dari lingkungan berilmu lalat, agar dengan cara menjaga lisan, pikiran, hati dan tindakan agar tidak ada pihak yang dirugikan.

2. menjaga diri dari penyakit hati karena jika lalat penyebar penyakit maka dengan sendirinya saat menebar keburukan, kebencian kepada orang lain  tiada lain kita sedang mengisi hati kita dengan noda-noda kotoran hati, ketika hati mengidap penyakit hati(penyakit mental) maka siap-siap menjadi Odgj versi masing-masing dengan kata lain Mental Healthy yang terganggu.

3. Bukankah Agama mengajarkan bahwasannya Allah tidak menyukai perbuatan zalim? baik Zalim untuk diri sendiri maupun orang lain. Zalim adalah dosa dan Pemilik ilmu Lalat otomatis sedang berada di jalan kezaliman maka stop zalim agar terhindar dari dosa.

4. Sebagai manusia terkadang ilmu Lalat kita miliki diantaranya yaitu "prasangka buruk/ shuudzan/ paranoid" dll. Tapi Sebaik-baik jalan adalah berserah diri memohon ampun kepada Ilahi semoga Allah memberikan petunjukNya dan kita menjadi orang yang bertaubat serta memohon maaf kepada orang yang menjadi objek derita ilmu Lalat yang kita lakukan.

5. Perbanyak berdoa dengan memperbaiki ibadah Mudah-mudahan Allah selalu membimbing kita Ke arah jalan yang benar berada selalu di jalur yang lurus, dijauhkan dari lingkungan bermental sakit. aamiin.

Tulisan ini adalah motivasi sekaligus bahan untuk introspeksi diri agar menjadi kehidupan secara bijaksana, tidak langsung cepat menjustifikasi orang lain dan mengurangi segala prasangka buruk. Wallahualam bissawab.

Fitri Shofiyatun Nafidzah

Garsel, 9102023

#ilmulalat #kiasan

#hikmah #muhasabah

#ilmu #akhlaq 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rezeki Langit

Motivasi Informatif